Sunday 11 March 2012

Another step…

Kesempatan tahun lalu ke Heidelberg tidak saya gunakan untuk ke Göttingen. Kota yang tidak masuk dalam list perjalanan saya. Selain karena saya lebih konsen ke kota kota sekitar Heidelberg,saya sudah terlanjur jatuh hati dengan kota romantis di jerman ini. Tapi tahun ini Göttingen menjadi salah satu kota tujuan saya.

Goettingen merupakan sebuah kota kecil di Niedersachsen/ Lower Saxony, berada di jantung negara Jerman diantara Frankfurt (di sebelah selatan) dan Hamburg (di sebelah utara).

Goettingen sendiri bisa dikatakan sebagai „kota universitas“, karena lebih banyak dikenal karena universitasnya, yaitu Georg-August Universitat Goettingen (sering disebut Goettingen University). Goettingen University merupakan salah satu universitas terkemuka di Jerman, mulai awal pendiriannya sampai saat ini. Bahkan, karena pentingnya universitas ini dimata dunia, dalam Perang Dunia II seolah ada kesepakatan tidak tertulis bahwa tentara Sekutu tidak akan mengebom Goettingen (dan juga Heidelberg University), sama halnya Jerman tidak akan mengebom Cambridge dan Oxford.

Tahun lalu, Universitas Goettingen terpilih sebagai sebagai salah satu dari 9 universitas di Jerman yang mendapatkan predikat “ Excellence University”. Tercatat ada 44 nama penerima nobel yang pernah terhubung dengan Goettingen (terbanyak kedua di dunia setelah Stockholm). Universitas ini tercatat juga pernah menjadi kawah candradimuka tokoh-tokoh politik utama jerman seperti Otto von Bismark dan Gerhard Schroeder.

Warisan budaya kota Göttingen dicirikan oleh sejumlah selebriti, ilmuwan, cendekiawan, pemenang Hadiah Nobel, seniman dan pekerja budaya yang diabadikan sebagai nama jalan dan bangunan. Georg Christoph Lichtenberg, Carl Friedrich Gauss, Gottfried Agustus Burger dan Göttingen Sieben adalah sebagian tokoh yang mempunyai koneksi dengan Goettingen.

Ganseliesel adalah landmark Goettingen; sebuah patung gadis pembawa angsa ditengah sebuah air mancur yang berada di pusat kota, tepat di depan Old Town Hall. Ada sebuah tradisi dimana semua doktor baru Goettingen University selepas ujian pendadaran mencium pipi Ganseliesel, yang menjadikannya sebagai "the most kissed girl in the world".

Goettingen sangat kaya dengan budaya dengan berbagai theatre, orkestra dan museum. Di Goettingen setiap tahunnya digelar International Händel Festival, konser Göttingen Symphony Orchestra dan 'Literaturherbst'.

I’ll be back for Deutschland; Gottingen, Heidelberg or another best part.

2 comments:

Addifa said...

semangat, insyaAllah bisa bisa bisa
\^^/

Addifa said...

suka dengan tulisan kamu, tertulis semangat dan keinginan yang sangat besar semangat2 hehehe....