Saturday 16 July 2016

Lanjutan ..beasiswa S2




Buat saya UGM itu cinta pertama, jadi sekarang berasa CLBK kaya balik ke mantan,hehehe.
Alhamdulillah dengan pengorbanan banyak pihak, saya dinyatakan diterima beasiswa program TDR. Gimana ga banyak, tanggal 8 juni sore saya (kayak ragu2)dinyatakan lulus. Kenapa saya bilang ragu, karena tdk ada letter of acceptance, saya di beritahu via phone. Dan seketika diminta untuk melengkapi dokumen dan upload online seperti mahasiswa Indonesia program lainnya.
Waduh, kok begitu ya? Mana saya baru tahu harus tes TPA.
Dan dimulai pengorbanan suami nganterin ke UI buat minta surat rekomendasi dari dr.erlina, mana panas, kapan ketemuannya juga ga jelas, puasa lagi. Pengorbanan mama yang bela belain ke Jakarta buat bantuin jaga Rudy kala saya ujian TPA. Dan pengorbanan Rudy yang akhirnya belajar minum ASI pakai dot karena mama nya ujian, berbuah kelulusan.
Perjuangan banget melengkapi semua dokumen nya, bukan karena sulit tapi waktunya mepet dan sistemnya juga online.
Saya juga tidak tahu kenapa program beasiswa ini tidak membuat system yang sama untuk semua pendaftarnya (dari berbagai Negara berkembang termasuk indonesia).
Saya mau cerita satu-satu,
Tentang UGM dan CLBK. Dulu zamannya SMU saya sangat ingin dan berharap besar diterima di FK UGM (belagu ya) semua bentuk perjuangan dilakukan, bahakan ujian UM UGM pun bela belain di jogja. Tapi namanya juga belom jodoh, dan saya harus kuliah di FK Unand saja. Masih teringat jelas betapa sakitnya dinyatakan belum lulus, kayak putus cinta (kayak pernah)
1 dekade saya melupakan UGM, karena udah move on ke Heidelberg. Saya juga ga begitu familiar dengan syarat2 master di Indonesia. Karena ga pernah juga apply di Univ Indonesia.
Kebetulan saya mau resign tapi ga tau alasannya apa, Heidelberg belom jebol, eh ada pengumuman S2 UGM. Isengla saya coba, pas banget lagi hamil muda. Namanya iseng ya antara berharap sama ga.
Waktu berlalu, alasan resign pun sudah saya pegang : mengasuh anak full. Jadi saya sudah lupa dengan UGM.
Pas 3 bulanan Rudy, tiba tiba saya diminta wawancara dan seterus nya sampai Rudy usia 4 bulan, saya dinyatakan diterima sebagai mahasiswa UGM. Hihihii…makanya sekarang berasa CLBK. Tapi buat saya Allah SWT maha mengetahui yang terbaik buat umatnya. Saat saya kesengsem UGM, dikasih Unand dulu. Saat saya mati matian sama Heidelberg dikasih UGM dulu. Mudah-mudahan setelahnya beneran bisa ke jerman deh. :D
Yang kedua, saya mau bahas tentang TPA.
Saya tahu TPA itu tesnya bersifat umum dan kayak tes psikologi. Tapi saya ga tahu klo TPA itu ada score nya semacam TOEFL dan UGM punya standarnya. Jadilah dalam kepasrahan yang sangat pasrah saya ikut tes TPA di bogor. Bekalnya DOA sama intip2 di  internet contoh soal TPA. Alhamdulillah sekali ujian dapat score diatas rerata. Padahal pas tes rasanya saya ngasal, mana orang orang yang ikut tes kayaknya udah pengalaman banget. Jadi, lagi lagi Allah lah yang maha pembuka jalan untuk setiap umatnya.
Terimakasih Suami, orang tua dan Rudy yang mau membantu dan berkorban demi beasiswa ini, semoga berkah ilmu ini dan menjadi amal di akhirat. Next, mari rempong daftar ulang dan cari kontrakan.



No comments: